Karya ilmiah adalah sebuah karya yang dihasilkan dari sebuah metode ilmiah. Metode ilmiah adalah suatu prosedur atau tata cara sistematis yang digunakan para ilmuwan untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi. Metode ilmiah melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat, pelaksanaan eksperimen, pengujian, dan modifikasi hipotesis. Dari proses penelitian atau eksperimen tersebut, para ilmuwan menghasilkan karya-karya ilmiah yang disebarluaskan sebagai sumber belajar para scholar atau sebagai petunjuk/inspirasi untuk melakukan riset lanjutan. Berikut dijelaskan jenis dan karakteristik dari karya-karya ilmiah yang dipublikasikan.

Buku Referensi

Buku referensi adalah suatu ttdisan dalam bentuk buku (ber-ISBN) yang substansi pembahasannya pada satu bidang ilmu kompetensi penulis. Isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat sebuah karya ilmiah yang utuh, yaitu adanya rumusan masalah yang mengandung nilai kebaruan, metodologi pemecahan masalah, dukungan data atau teori mutakhir yang lengkap dan jelas, serta ada kesimpulan dan daftar pustaka yang menunjukkan rekam jejak kompetensi penulis.

Contoh buku referensi: link

Monograf

Monograf adalah suatu tulisan ilmiah dalam bentuk buku (ber-ISSN/ISBN) yang substansi pembahasannya hanya pada satu topik/hal dalam suatu bidang ilmu kompetensi penulis. Isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat sebuah karya ilmiah yang utuh, yaitu adanya rumusan masalah yang
mengandung nilai kebaruan, metodologi pemecahan masalah, dukungan data atau teori mutakhir yang lengkap dan jelas, serta ada kesimpulan dan daftar pustaka yang menunjukkan rekam jejak kompetensi penulis.

Contoh monograf: link

Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah adalah tulisan untuk mengkomunikasikan gagasan/pemikiran atau hasil penelitian dengan struktur tertentu, yang secara umum menckup judul, nama penulis dan afiliasi, abstrak, kata-kata kunci, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan, dan daftar referensi. Artikel imliah dapat berupa Original Research Paper (ORP), Review Paper, Case Study, Short Communication, Opinion, dan sebagainya tergantung pada bidang ilmu masing-masing. Artikel ilmiah dapat diterbitkan dalam Book Chapter, Jurnal, dan Prosiding.

– Book chapter

Book chapter adalah kumpulan artikel dengan topik tertentu yang dijilid atau dipublikan dalam bentuk buku atau edited volume.

Contoh book chapter: link

– Jurnal

Jurnal ilmiah adalah publikasi berkala dalam penerbitan akademik yang umumnya berupa laporan penelitian terbaru dengan tujuan untuk memajukan ilmu pengetahuan. Jurnal ilmiah merupakan salah satu bentuk media publikasi karya tulis ilmiah.

Contoh jurnal: link

– Prosiding

Prosiding adalah adalah kumpulan makalah akademik yang diterbitkan dalam konteks konferensi atau lokakarya akademik. Prosiding konferensi biasanya berisi kontribusi yang dibuat oleh para peneliti di konferensi.

Contoh prosiding: link

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *