Selain original research paper, sebuah issue pada sebuah jurnal juga biasanya terdiri dari beberapa review article. Para peneliti dapat dengan mudah untuk mengetahui trend terkini dan state of the art sebuah pengetahuan dari review article. Berikut diberikan penjelasan terkait karakteristik sebuah review article yang membedakannya dengan sebuah original research paper.

Apa itu review article?

Review article merupakan analisis kritis dan konstruktif terhadap banyak artikel dalam bidang tertentu melalui peringkasan, pengklasifikasian, analisis yang mendalam, dan membandingkannya. Review article mengandalkan literatur atau data yang diterbitkan sebelumnya. Review article memiliki fungsi untuk mengevaluasi literatur, mengidentifikasi pola dan tren dalam literatur, mensintesis literatur, mengidentifikasi kesenjangan penelitian, dan merekomendasikan topik penelitian baru.  Review article berisi ulasan yang komprehensif sehingga mampu memberikan manfaat yang besar kepada ahli di bidang penelitian tertentu, mahasiswa atau peneliti pemula, dan para pembuat keputusan.

Elemen review article

Identitas artikel
Bagian identitas review article sama dengan original research paper, yaitu mencakup judul, panulis, afiliasi penulis, email penulis utama, abstrak, dan keywords.

Pendahuluan
Bagian pendahuluan sebuah review article lebih ringkas dari original research paper. Pendahuluan umumnya terdiri dari tiga paragraf utama, yang berisi:

  1. Latar belakang: berisi topik umum, isu, atau area yang menjadi perhatian untuk menggambarkan konteksnya.
  2. Masalah yang dikaji: berisi trend, perspektif baru, kesenjangan, atau konflik antar temuan.
  3. Motivasi / justifikasi : berisi alasan penulis untuk mengkaji ulang literatur.

Materi dan Metode
Bagian materi dan metode berisi misalnya informasi tentang sumber data, strategi pencarian data, kriteria seleksi artikel-artikel yang dimasukkan dalam review, jumlah penelitian yang disertakan, dan metode atau statistik untuk analisisnya. Peneliti harus memastikan bahwa sumber data teridentifikasi dengan jelas dan sahih.

Body Text (Bagian Utama)
Struktur bagian utama dari sebuah review article perlu penataan topik yang koheren. Bagian utama umumnya dibagi kedalam sub-bagian, misalnya pendekatan metodologis, model atau teori, studi yang sesuai dengan penelitian lain versus yang tidak sesuai, urutan kronologis, sampai pada letak geografis penelitian yang direview.

Setiap paragraf  terdiri dari satu gagasan, satu aspek, atau satu topik. Dalam review article, satu paragraf mengacu pada beberapa studi sehingga sitasi per paragrafnya lebih banyak. Setiap paragraf menautkan temuan penelitian-penelitian yang dibahas dengan pertanyaan penelitian yang tercantum dalam pendahuluan. Tautan ini menciptakan benang koherensi artikel yang sedang dibuat. Dengan menghubungkan studi yang satu dengan yang lainnya, akan diperoleh perbandingan temuan sebagai bahan untuk membuat diskusi atau pembahasan. Bagian body text ini umumnya terdiri dari 70-90% dari keseluruhan artikel, tidak termasuk identitas dan referensi. Sebagai catatan penting, penulis harus memastikan bahwa review article ditulis berbasis ide, bukan berbasis literatur.

Kesimpulan
Kesimpulan pada review article sedikit berbeda dengan kesimpulan pada original research paper. Kesimpulan umumnya berisi implikasi dari temuan, interpretasi oleh penulis, dan identifikasi pertanyaan risetyang belum terselesaikan.

Acknowledgment
Acknowledgement pada review article sedikit berbeda dengan original research paper. Umumnya berisi ucapan terimakasih kepada orang-orang atau lembaga yang membantu pencarian dan penyediaan literatur dan data, penataan materi, atau proses penulisan.

Referensi
Referensi pada review article umumnya antara 50-150 sumber yang dirujuk dan semuanya dinyatakan dalam text.

Meskipun penjelasan diatas merupakan kriteria umum sebuah review article, penulis harus mempelajari “guidelines for author secara detail sebelum memulai menulis. Beberapa jurnal hanya menerima review article yang bersifat undangan, sehingga tidak menerima pengajuan.

Tips dan trik untuk menulis review article untuk penulis pemula

Tentukan cakupan artikel
Buat outline ide/gagasan yang menjadi target, cari dan simpan artikel-artikel dengan topik yang sesuai dengan topik/ide yang akan ditulis.

Jangan memikirkan review article sebelumnya
Carilah area yang belum direview secara menyeluruh oleh penulis lain. Jangan sampai anda menghabiskan waktu membaca dan menulis tentang sebuah topik dari review article lain yang membahas wilayah yang sama, merujuk pada kumpulan makalah yang sama dan sampai pada kesimpulan yang sama. Review article tetap harus mampu memberikan sesuatu yang baru bagi pembaca.

Mencari literatur kunci dan mengorganisasikannya
Pertama, anda harus menemukan makalah terbaru tentang topik yang menjadi target review dan membahasnya. Setelah itu, pilihlah referensi yang paling penting dari daftar referensi paper yang dipilih. Kemudian, telusurilah referensi penting tersebut, siapa yang menulis, apa topiknya, bagaimana metodenya, dan apa hasilnya (buat tebel seperti Tabel 5.2). Dengan tabel tersebut, penulis dengan mudah bisa melihat artikel mana yang menyetujui topik yang dibahas, tren apa yang muncul dari waktu ke waktu dan di mana kontroversi antar temuan terjadi.

Tulis artikel
Setelah materi terkumpul, tulislah artikel sesuai dengan petunjuk umum.

Baca instruksi jurnal sebelum mulai menulis
Anda harus memahami author guidelines jurnal dengan teliti dan hati-hati. Jangan abaikan batas halaman dan batas kata yang diijinkan. Jika jurnal menyediakan template, pastikan artikel ditulis dengan format yang diberikan.

Original source: Teknik menyusun manuskrip dan publikasi ilmiah internasional

2 thoughts on “Tips Menulis Artikel Review”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *