Penggunaan LPG pada mesin diesel bukan hal yang mustahil. Dalam jumlah kecil dan dengan teknik yang tepat, LPG bisa menjadi bahan bakar tambahan yang menjanjikan. Bahkan ke depannya, ada peluang untuk mengembangkan sistem injeksi LPG tersendiri, sebagai pelengkap solar.

Banyak dari rekan-rekan yang menonton video kami sebelumnya tentang LPG bertanya, “Apakah LPG bisa digunakan sebagai bahan bakar kendaraan?” Jawabannya: bisa banget! Terutama untuk mesin bensin, penggunaan LPG sudah terbukti efektif dan efisien. Mobil yang kami uji bahkan sudah menggunakan LPG lebih dari 13 tahun tanpa masalah berarti. Tapi pertanyaan selanjutnya lebih menantang, bisakah LPG digunakan untuk mesin diesel?

LPG di Mesin Diesel: Bukti dari Berbagai Penelitian

Secara teori dan menurut berbagai paper penelitian, LPG memang bisa digunakan sebagai bahan bakar tambahan pada mesin diesel. Caranya adalah dengan mengalirkannya sebelum proses pembakaran, menggunakan metode premix combustion. Artinya, LPG dicampur dalam jumlah kecil bersama udara sebelum masuk ke ruang bakar.

Nah, kami mencoba membuktikannya lewat simulasi sederhana.

@mujisetiyo_

Elpiji/LPG untuk bahan bakar mesin diesel bisa ga sih ?? Mari kita bahas di video ini dan mari kita diskusikan #elpiji #elpiji3kg #elpijipertamina #diesel #mobil #isuzu #l300 #l300_pickup #l300maniaindonesia #termodinamika #riset #nozel #injektor

♬ original sound – Muji Setiyo – Muji Setiyo

Simulasi LPG di Mesin Diesel L300

Kami melakukan uji coba pada mesin diesel L300, namun masih dalam kondisi stand engine untuk memudahkan pengamatan. LPG ditambahkan secara perlahan ke dalam asupan udara mesin. Hasilnya? Putaran mesin naik! Ini menunjukkan adanya kontribusi energi dari LPG yang menandakan bahwa bahan bakar ini memang bisa digunakan pada mesin diesel – selama jumlahnya kecil. Tapi hati-hati, jika terlalu banyak, akan muncul gejala detonasi (mesin berbunyi “klak klak klak”) yang menandakan pembakaran tak terkendali. Maka, kuncinya adalah menjaga LPG di bawah batas detonasi.

Tantangan Baru: Bagaimana Jika LPG Diinjeksikan?

Eksperimen berikutnya yang menjadi PR kita bersama adalah bisakah LPG tidak hanya dipremix, tapi diinjeksikan setelah injeksi utama solar? Artinya, LPG diberikan bukan sebelum pembakaran, melainkan setelah injeksi utama solar. Konsep ini mirip dengan metode injeksi ganda. Jika bisa dilakukan, tentu akan membuka pintu bagi pengembangan teknologi dual fuel injection yang lebih presisi dan mungkin lebih efisien. Langkah selanjutnya adalah mengkaji perubahan perilaku termodinamika, khususnya pada diagram PV dan TS.

Apa yang terjadi jika LPG diinjeksi setelah solar? Apakah efisiensinya naik? Bagaimana efeknya pada tekanan dan temperatur ruang bakar?

Saya mengundang rekan-rekan dari dunia teknik mesin untuk ikut berdiskusi dan berbagi pandangan. Silakan tinggalkan komentar di bawah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yuk, Ikuti Media Sosial Kami!
Dapatkan informasi terbaru, inspirasi, dan berbagai kegiatan menarik lainnya dengan mengikuti akun resmi kami di media sosial.

 

Jangan lupa untuk tinggalkan jejak digital ya..