Jika ingin melakukan perhitungan yang melibatkan lebih dari sebuah formula sederhana, masukkan sebuah Function ke dalam formula. Excel memiliki sekitar 400 Function, sehingga mungkin hanya akan menggunakan beberapa yang dibutuhkan. Ada Function untuk bisnis, statistik, keuangan, tanggal dan waktu, teks, informasi dokumen dan lebih banyak lagi. Sintaks untuk semua function adalah:

=NAMA FUNCTION(……)

Seperti halnya Formula, Function selalu dimulai dengan tanda sama dengan (=) jika Function berada di awal Formula, lalu nama Function itu, kemudian satu set tanda kurung. Ini akan memudahkan untuk pekerjaan yang lebih kompleks dan berulang-ulang.

Contoh: Menemukan total dan rata-rata sebuah kolom angka disajikan pada Gambar 1 dan Gambar 2

Dalam B9, masukkan Function:

=SUM(B2:B7)

Gambar 1. Contoh penggunaan Function untuk menghitung total angka

Kemudian, pada B10 masukkan Function:

=AVERAGE(B2:B8)

Gambar 2. Contoh penggunaan Function untuk menghitung rata-rata angka

Kemudian, tekan Enter untuk mendapatkan hasilnya, seperti ditunjukkan pada Gambar 3.

Gambar 3. Hasil penggunaan Function untuk menghitung total dan rata-rata angka

Original source: Excel Untuk Mahasiswa Teknik Otomotif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *