Pada photo dioda, arus listrik mengalir bila diberikan cahaya pada permukaan PN junction surface dimana anode dihubungkan dengan tegangan (+) dan cathode (-) dengan nilai tegangan tertentu. Dan bila tingkat cahaya dirubah, arus listrik berubah sesuai dengan banyaknya cahaya. Pembatas potensi listrik dibuat dalam permukaan PN junction dan menjadi lebih besar bila tegangan yang diberikan dibalik kemudian menjadi isolator.

Bila cahaya diberikan pada permukaan PN junction, perubahan terjadi pada permukaan junction. Secara spontan elektron dan hole diaktifkan oleh energi cahaya cukup lama dari luar, dengan positive (+) ion pada sisi N dan negative (-) ion pada sisi P. Hole dan elektron bebas dipisahkan dari gerakan spontan ion-ion kemudian arus listrik tersebut mengalir. Dioda tersebut digunakan pada sirkuit perubahan cahaya. Dimana bila tegangan yang diberikan tetap konstan, arus listrik mengalir pada sirkuit sesuai dengan kekuatan cahaya yang diterima oleh element.

Penggunaan photo dioda pada saklar lampu otomatis

Baca Juga:

Referensi

Setiyo, M. (2017) Listrik & Elektronika Dasar Otomotif (Basic Automotive Electricity and Electronics). Edited by A. Burhanudin. Magelang: UNIMMA Press.

 

2 thoughts on “Photo Dioda: Karakteristik, Cara Kerja dan Aplikasinya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *