Original research paper disusun berdasarkan hasil investigasi terhadap sebuah pertanyaan penelitian. Agar menghasilkan publikasi kualitas tinggi, penelitian ilmiah harus dimulai dengan pertanyaan penelitian yang telah ditetapkan dalam sebuah proposal penelitian yang dirancang dengan baik dan komprehensif. Proposal penelitian sebagai pondasi melaksanakan penelitian dan menyusun publikasi harus mengarah pada sebuah temuan data baru. Temuan penelitian (research finding) tersebut selanjutnya disusun kedalam sebuah manuskrip yang diserahkan ke jurnal biasanya memiliki komponen berikut.

  • Title Page • Discussions
  • Abstract • Conclusions
  • Introduction • Acknowledgements
  • Methods • References
  • Results

Secara umum, sebuah manuskripdisusun untuk membangun sebuah dokumen yang ditulis untuk menggambarkan sebuah pertanyaan dan kemudian dijawab secara logis berdasarkan hasil teoritis atau eksperimental. Penjelasan komponen-komponen pembentuk manuskrip adalah sebagai berikut.

Halaman Judul (Title Page)

Halaman judul adalah halaman pertama yang terpisah dari body textyang umumnya berisi judul manuskrip dan author information. Judul harus dibuat singkat dan sederhana. Setelah judul manuskrip, diikuti dengan nama-nama penulis dan afiliasinya (author information). Terakhir adalah informasi kontak yang lengkap untuk penulis yang sesuai, termasuk alamat surat elektronik/email. Untuk manuskrip yang ditulis mengikuti template khusus sebuah jurnal (final version), istilah title pagetidak dikenal.

Abstrak (Abstract)

Bagian abstrak biasanya dibuat dalam satu paragraf tunggal. Kalimat pertama umumnya menyatakan tujuan eksperimen dan kalimat selanjutnya menjelaskan bagaimana penyelidikan dilakukan. Kalimat berikutnya menyajikan gambaran hasil percobaan dan kalimat terakhir menggambarkan signifikansi hasil dan dampaknya pada bidang studi secara umum. Hampir semua abstrak dalam jurnal juga menyertakan kata-kata kunci (keywords).

Pendahuluan (Introduction)

Bagian pendahuluan sebuah manuskripmencakup tinjauan singkat tentang literatur yang berkaitan dengan topik penelitian. Bagian pendahuluan umumnya ditulis secara deskriptif, dimulai dengan topik yang luas dan secara perlahan memusatkan perhatian pada pekerjaan yang sedang dilakukan. Sebuah pendahuluan biasanya memerlukan beberapa paragraf yang dimulai dengan satu atau dua paragraf yang mengenalkan pembaca ke bidang masalah yang sedang diteliti secara umum. Kemudian, pada paragraf selanjutnya menjelaskan hal yang lebih spesifik. Paragraf terakhir sangat penting, yaitu pertanyaan eksperimental apa yang akan dijawab oleh sebuah penelitian dan bagaimana untuk melakukannya.

Metode (Method)

Bagian metode penelitian berisi deskripsi langsung dari metode yang digunakan dalam sebuah penelitian. Bagian metode umumnya berisi pernyataan bahan yang digunakan dalam penelitian, prosedur utama, teknik yang digunakan dalam pengambilan data, dan teknik analisisnya. Jika penelitian menggunakan sebuah desain eksperimen tertentu, bagian metode juga memuat desain/ set up penelitiannya. Demikian pula untuk penelitian literatur, komponen teoritis atau pemodelan juga termuat secara jelas dalam bagian ini.

Hasil (Result)

Bagian hasil penelitian menyajikan data eksperimental kepada pembaca dan bukan tempat untuk diskusi atau interpretasi data. Hasil penelitian (yang juga merupakan temuan penelitian) umumnya disajikan dalam tabel dan gambar yang menarik dan jelas.

Diskusi (Discussion)

Bagian diskusi adalah bagian yang sering kali paling sulit ditulis. Bagian diskusi atau pembahasan ini berisi interpretasi hasil penelitian agar memberikan makna kepada pembaca atau memberikan petunjuk untuk melakukan penelitian lanjutan. Bagaimanapun juga, sebuah hasil penelitian dalam bentuk gambar atau tabel perlu penjelasan lebih lanjut untuk mengungkap kebenaran.

Kesimpulan (Conclusion)

Bagian kesimpulan berisi ringkasan hasil penelitian atau temuan penelitian. Kemudian,diikuti pernyatakan poin utama daridiskusi. Sebuah kesimpulan umumnya diakhiri dengan sebuah pernyataan tentang bagaimana karya penelitian berkontribusi pada bidang studi secara keseluruhan.

Ucapan Terimakasih (Acknowledgment)

Bagian ini berisi pernyataan sumber pendanaan untuk pekerjaan penelitian. Bagian ini juga berisi ucapan terimakasih kepada pihak yang berkontribusi terhadap penelitian dan penyusunan manuskrip.

Daftar pustaka (References)

Bagian ini berisi daftar semua referensi yang telah dikutip dalam teks. Setiap jurnal memiliki gaya sendiri-sendiri terkait dengan penulisan daftar pustaka.

Original source: Teknik menyusun manuskrip dan publikasi ilmiah internasional

One thought on “Anatomi Artikel Ilmiah (Original Research Paper)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *