Jenis artikel ilmiah pada suatu bidang ilmu akan berbeda dengan bidang ilmu lainnya. Sebagai contoh, percobaan klinis hanya mungkin dilakukan di bidang kedokteran, sementara studi empiris lebih umum dilakukan di bidang ilmu sosial. Penting untuk diingat bahwa tidak semua jurnal mempublikasikan setiap jenis artikel. Oleh karena itu, kebanyakan penerbit jurnal memberikan pedoman yang akurat dan spesifik untuk berbagai artikel yang mereka publikasikan. Spesifikasi tentang jenis artikel yang dipublikasikan dapat ditemukan di “author guidelines” yang mudah didapatkan di situs web jurnal. Jika penulis telah memiliki jurnal yang ditargetkan, penulis harus memeriksa apakah jurnal tersebut menerbitkan jenis naskah yang akan dikirim. Berikut merupakan summary dari beberapa jenis publikasi ilmiah yang umum dipublikasikan dalam jurnal.

Original Research Paper

Original research paper merupakan artikel hasil penelitian terperinci yang melaporkan penelitian asli dan diklasifikasikan sebagai literatur utama. Original research paper mencakup hipotesis, latar belakang masalah, metode penelitian, hasil, interpretasi temuan, dan diskusi tentang kemungkinan implikasinya. Artikel ini umumnya panjang, dengan jumlah kata berkisar antara 3000 sampai 6000. Bahkan untuk kasus studi tertentu bisa sampai 12000 kata.Untuk menghasilkan satu original research paper bisa memerlukan investasi waktu menulis yang signifikan.

Review Articles

Review articles merupakan artikel yang memberikan laporan yang mutakhir tentang situasi saat ini dalam topik yang sangat penting, membahas perkembangan sebelumnya dari pokok bahasan dan memberikan gambaran di masa depan. Review articles dianggap sebagai literatur sekunder dan dapat menjadi cara yang sangat efisien untuk publikasi, karena bisa dilakukan tanpa investasi waktu dan biaya penelitian besar. Secara umum, review articles biasanya panjang, dengan batas kata maksimal 3000-5000 atau bahkan lebih, tergantung pada jurnal. Namun, beberapa jurnal juga mempublikasikan ulasan yang singkat.

Book Review

Book review dipublikasikan di sebagian besar jurnal akademis. Tujuan book review adalah untuk memberikan wawasan dan opini tentang buku ilmiah yang baru diterbitkan. Book review juga tergolong artikel singkat dan bisa dikerjakan dalam waktu yang lebih singkat. Book review adalah pilihan publikasi yang baik untuk para peneliti pemula karena memungkinkan peneliti untuk tetap mengikuti kegiatan-kegiatan baru di lapangan, sementara pada saat yang sama, menambah daftar publikasinya.

Perspective, Opinion, and Commentary

Perspective adalah tinjauan ilmiah tentang konsep dasar atau gagasan umum di lapangan. Ini biasanya esai yang menyajikan sudut pandang pribadi yang mengkritisi gagasan luas mengenai lapangan. Perspective dapat menjadi tinjauan terhadap satu konsep atau beberapa konsep yang terkait. Ini dianggap sebagai literatur sekunder dan biasanya artikel pendek, sekitar 2000 kata.

Artikel opinion menyajikan sudut pandang penulis tentang interpretasi, analisis, atau metode yang digunakan dalam penelitian tertentu. Hal ini memungkinkan penulis untuk mengomentari kekuatan dan kelemahan suatu teori atau hipotesis. Artikel opinion biasanya didasarkan pada kritik yang membangun dan harus didukung oleh bukti. Artikel semacam itu mempromosikan diskusi isu terkini mengenai sains. Opinion juga artikel yang relatif singkat.

Commentary adalah artikel pendek biasanya sekitar 1000-1500 kata yang menarik perhatian atau menyajikan kritik terhadap artikel, buku, atau laporan yang diterbitkan sebelumnya, yang menjelaskan mengapa hal itu menarik perhatian mereka dan bagaimana hal itu dapat memberikan penjelasan kepada pembaca.

Clinical Case Study

Clinical case study merupakan artikel yang disusun oleh akademisi bidang kesehatan. Artikel ini menyajikan rincian kasus pasien sebenarnya dari praktik medis atau klinis. Kasus yang diajukan biasanya yang memberikan kontribusi signifikan terhadap pengetahuan yang ada di lapangan. Artikel ini diharapkan dapat membahas tanda, gejala, diagnosis, dan pengobatan suatu penyakit. Ini dianggap sebagai literatur utama dan biasanya memiliki jumlah kata yang serupa dengan original research paper. Clinical case study memerlukan banyak pengalaman praktis dan mungkin bukan format publikasi yang sesuai untuk peneliti pemula. Meskipun terdapat banyak jenis artikel ilmiah, buku ini memfokuskan untuk membahas pada original research paper. Rasionalnya, sebuah artikel (hasil penelitian) yang baik, dicapai melalui sebuah standar isi, standar proses, dan standar pengelolaan yang baik.

Original source: Teknik menyusun manuskrip dan publikasi ilmiah internasional

One thought on “Jenis Artikel dalam Jurnal Ilmiah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *